BERTUMBUH DALAM CINTA


Teng….teng….teng….Suara lonceng tanda bangun pagi. Anak anak memulai aktifitasnya dengan doa pribadi,merapikan kamar dan beranjak antri mandi.itulah awal rutinitas anak anak asrama putri St Maria,dengan segala keceriaan, dalam keseharian menemani mereka dalam pertumbuhan hidup dan kepribadian mereka. Anak anak asrama yang tinggal adalah kelas SMP dan SMA mereka berbaur  dalam kebersamaan dan kegiatan bersama,keakrapan dan persaudaraan yang mereka alami mewarnai gerak dan pola perkembangan mereka.ada bermacam macam sifat dan karakter mereka,dari berbagai latar belakang keluarga,budaya,masyarakat dan pendidikan membentuk kepribadian yang unik.

Dalam mendampingi mereka,di butuhkan jiwa yang boleh di bilang Exstra,kenapa? Karena tiap anak membutuhkan perhatian yang berbeda dan kekuatan yanng berbeda pula. Ada anak yang hanya di tegur sekali sudah mengerti,ada yang harus dengan segenap jiwa dan raga berbicara.tetapi bukan dalam emosi yang tak terkontrol namun lebih pada mengutamakan hati dan cinta,mengingat anak jaman sekaranng tidak sembarangan dalam menegur.pembinaan yang terus menerus tampak akrap juga tak lepas dari kerjasama dengan orang tua sendiri,jadi para  orang tua juga mengetahui dan mengenali perkembangan anak mereka di asrama.

Mengenali dan memahami tiap pribadi itulah yang saya lakukan dalam mendampingi anak anak, dengan menjadi ibu,kakak,sahabat bagi mereka lebih membantu saya dalam pendampingan dan ikut dalam gerak proses mereka. Yang dulu datang masih nampak malu malu dan kurang PD sekarang tampak berkembang dan tumbuh dalam kedewasaan pribadi dan iman,dalam perkembangan di sekolah pun nampak kemajuannya,meski dengan perjuangan yang saya yakin tidak mudah bagi mereka, namun dengan kehadiran, mendengarkan, serta menemani dan menginggatkan, mereka nampak lebih semangat dalam belajar berproses dan akhirnya mampu mendapatkan nilai yang lebih baik.

Kehadiran karya ini sangat dirasakan baik bagi masyarakat/umat sekitar bahkan antar paroki,nampak sekarang banyak anak anak yang tinggal di asrama dan sekolah di Metro.dan juga nampak perkembangan dalam kepribadian,kepekaan,dan rasa belaskasih dan cinta serta berkembang dalam iman.