MAKNA HIDUP MEMBIARA (Seperti Ikan di dalam Aquarium)


Hidup membiara itu diibaratkan seperti Aquarium, yang didalamnya terdapat ikan dan air, dengan bermacam jenis, warna, bentuk dan keunikan masing-masing.

Aquarium itu kongregasinya yaitu FSGM, dan ikan itu adalah kita para suster yang tinggal didalam biara itu, yang telah dipilih dan dipanggil secara istimewa oleh Allah sendiri.

Lucu memang kedengarannya, bahwa kita disamakan dengan ikan didalam Aquarium, yang tidak bisa bebas, suhu air sudah diatur supaya kita bisa hidup dengan baik, dan yang jelas kita tidak bisa`pindah ketempat lain sesuka hati kita masing-masing.

Namun dibalik itu ada makna yang luar biasa bagi kita para biarawan dan biarawati, para religius, kita patut bersyukur, dengan berada dalam Aquarium atau dalam biara, yang seperti tidak bebas, kita telah diselamatkan dari begitu banyak hal dan permasalahan yang ada, kita diselamatka dari para pemancing, yang kadang menipu kita dengan sesuatu yang menggoda, yang membuat kita terpancing dan akhirnya tidak selamat. Kita selamat dari tangan orang-orang yang ingin memusnahkan kita dengan cara yang tidak baik.

Inilah alasannya, mengapa Tuhan memilih kita manusia yang berdosa ini ?. Tuhan memilih dan memanggil kita dengan cintanya, agar kita masuk dalam Aquariumnya yaitu rumahNya sendiri untuk diselamatkan dan dijadikan perpanjangan tangan kasihNya yang penuh kerahiman.

Yang kita cari ialah kebahagiaan yaitu Allah sendiri.

YESUS ENGKAULAH ANDALANKU

Sr. M. Antoni FSGM