Tanpa Kepura-puraan


 

Hidupilah ketiga kaul dengan sungguh-sungguh, tanpa kepura-puraan. Sehingga kita hidup dengan sukacita, dalam kebebasan mempercayakan diri seluruh hidup hanya untuk Tuhan.

Pembaharuan kaul ini juga merupakan kehendak dan niat pengabdian kepada Tuhan. Jangan pernah merasa puas, tetapi selalu membaharui diri dalam menghayati Trilogi Mdr. Anselma, pendiri Kongregasi FSGM. Yakni: Cinta Akan Kemiskinan, Gembira Dalam Karya, Setia Dalam Doa. “Siapkan hatimu sebab Tuhan akan mempersiapkan paskah dalam hatimu.”

Begitu disampaikan pesan Rm. Rikhard Selan OFM di hadapan 33 suster yunior yang hari ini, Rabu, 13 April 2022 membaharui kaulnya di RR. La Verna, Padangbulan.

Pembaruan kaul biasanya diadakan setiap tahun tanggal 16 April. Tetapi tahun ini tanggal 16 April adalah hari Sabtu Suci, maka pembaharuan kaul dimajukan dan dilaksanakan sehari sebelum memasuki Pekan Suci.

Para suster yunior ini mengucapkan kaul di hadapan Sr. M. Lusie, selaku wakil dari Sr. M. Aquina, pemimpin propinsi dikarenakan Sr. M. Aquina tidak berada di tempat, sedang mengikuti kapitel Jenderal di Thuine, Jerman. Satu persatu para suster yunior membaharui kaulnya. Sebelum pembaharuan kaul, mereka telah mengikuti retret yang dibimbing oleh Rm. Rikhard Selan OFM.

Ada 11 suster yunior juga membaharui kaul di propinsi Timor Leste. ***

M. Fransiska FSGM